KESALAHAN SAINS YANG SELAMA INI KITA PAHAMI

FUN FACT- Dunia ilmu pengetahuan selama ini terus berkembang dan mengalami pembaharuan dengan muculnya teori-teori yang baru. Hal ini mengakibatkan apa yang kita ketahui dulu adalah hal yang salah. Berikut ini kesalah dalam dunia sains dulu versus sekarang yaitu :

1. Anggapan air laut biru karena pantulan dari langit



Pantulan air laut terhadap langir memang berpengaruh pada warna air laut tersebut, tapi hanya pada permukaan air laut saja. Air laut pada dasarnya sudah berwarna biru, partikel air laur menyerap sepersekian persen cahaya frekuensi merah diubah menjadi biru (merah>biru). Sehingga birunya tampak jelas juga jika dilihat dari kedalaman beberapa meter.

2. Banteng akan marah jika melihat warna merah



Kita selama ini percaya bahwa banteng akan marah jika melihat warna merah. Faktanya menurut ahli biologi hewan banteng adalah hewan yang buta warna merah. Lantas kenapa banteng kerap mengamuk pada matador yang sering kali membawa kain warna merah. Jawabanya ialah karena objek tersebut terus bergerak sehingga menarik perhatian si banteng, seperti pada kain matador.

3. Lidah hanya dapat merasakan 4 rasa dasar



Selama ini kita percaya bahwa rasa dasar itu ada empat, yaitu  rasa asam, manis, asin, dan pahit ternyata penemuan dalam dunia sains baru-baru ini telah menetapkan rasa baru yaitu umami alias gurih sebagai rasa dasar ke lima, dan rasa dasar ke enam yaitu starchy.

4. Petir tidak akan menyambar tempat yang sama selama dua kali



Dunia sains versi dulu mengajarkan bahwa petir tidak akan pernah menyambar tempat yang sama selama dua kali, tetapi teori dibantah oleh NASA yang berhasil menunjukkan petir menyambar tempat yang sama selama dua kali bahkan lebih pada tahun 2003

5. Saturnus satu-satunya planet yang memiliki cincin



Sains mengajarkan bahwa planet saturnus adalah satu-satunya planet yang memiliki cincin. Padahal planet-planet lain seperti uranus, neptunus dan jupiter juga meiliki cincin. Hanya saja memang pada saturnus memiliki cincin yang paling jelas terlihat jika dibandingkan dengan ketiga planet tersebut.

6. Rambut dan kuku akn terus tumbu pada orang yang telah meninggal




Sudah seperti doktrin sejak kecil menurut saya bahwa rambut dan kuku akan tetap tumbuh bahkan kepada orang yang telah meninggal. Nyatanya pernyataan tersebut benar-benar salah kaprah, kita kerap melihat bahwa orang yang telah meninggal yang belum dimakamkan rambut dan kuku mereka akan tetap tumbuh, lantas apa penyebabnya rambut dan kuku mereka seperti tumbuh?. Hal ini disebabkan dehidrasi kulit dan tidak berfungsinya sistem organ-organ dibawah kulit yang menyebabkan kulit tidak memilik daya cengkram terhadap rambut dan kuku sehingga rambut dan kuku akan nampak memanjang padahal hanya kendor.

7. Butuh bertahun-tahun untuk mencerna permen karet



Permen karet yang tertelan butuh waktu bertahun tahun untuk mencernanya. Faktanya anggapan itu salah besar. Memang benar permen karet sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan, meskipun begitu permen karet akan tetap diteruskan dalam jalur pencernaan kita kemudian di buang bersama kotoran.


Itulah beberapa kesalahan yang kita pahami dulu versi sekarang.Seiring dengan kemajuan jaman akan ada perubahan perubahan baru yang membuat kita semakin tahu akan sains.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "KESALAHAN SAINS YANG SELAMA INI KITA PAHAMI"

  1. wah keren artikelnya,sangat menambah pengetahuan saya.banyakin bikin artikel seperti ini min..hehe

    ReplyDelete
  2. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete