KELAINAN INGATAN SUPER "HYPERTHYMESIA"

hyperthymesia


FUN FACT- Banyak dari kita yang menganggap kelainan adalah hal yang harus segera diobati atau dihilangkan agar lekas sembuh. Namun berbeda dengan kelainan yang satu ini, kelainan ini dinamakan hyperthymesia dimana penderita dari kelainan ini mampu mengingat segala hal yang pernah terjadi pada penderita secara rinci.

Kondisi ini juga menunguntungkan bagi penderita, mayoritas penderita kelainan ini tidak ingin disembuhkan. Hyperthymesia merupakan gangguan sistem neuropsikologi yang mengakibatkan penderitanya mempunyai daya ingat super detail yang luar biasa.

Dimana kondisi tersebut mempengaruhi dua area otak yang mengendalikan kapasitas memory dan pembentukanya, yaitu caudate nucleus dan lobus temporal.
Dimana caudate nucleus memiliki peran memiliki peran menyimpan memori yang tidak dipikirkan, sedangkan lobus temporal berperan sebagai menyimpan tanggal, peristiwa atau fakta yang memang perlu untuk diingat

Meskipun terdengar kelainan yang seperti kelebihan,  karena penderitanya mampu mengingat hal-hal sedetail mungkin, namun kelainan hyperthymesia juga bisa menjadi beban karena penderitanya tidak memiliki pilihan untuk diingat, secara tidak sadar mereka mengingat semua rentetan kejadian seperti menonton film di otak mereka. Bahkan kelainan ini juga membuat menderita sakit kepala yang cukup hebat karena penderita mengingat secara detail peristiwa kejadian yang seharusnya dilupakan.

Bayangkan saja jika kita mengalami kecelakan, misalnya kita naik kapal dengan sanak keluarga dan kapal tersebut tenggelam karena ombak besar dan badi namun hanya kita yang selamat dari peristiwa nahas tersebut, pasti kita melupakan kejadian tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama.

Mengingatnya saja sudah membuat kita mendertita, namun seiring dengan berjalannya waktu pasti lambat laun kita bisa melupakan peristiwa nahas tersebut. Lain halnya dengan penderita hyperthymesia mereka akan cukup menderita karena tidak dapat melupakan peristiwa tersebut seumur hidupnya. Terlebih lagi mereka mengingat peristiwa secara detail dan rinci pasti mereka akan diahantui perasaan bersalah karena tidak bisa menyelamatkan keluarganya.

Terdapat sekiranya 10 kelainan langkah yang bisa dianggap menguntungkan penderitanya, hyperthymesia ini salah satunya yang diperkirakan penderita kelainan ini sekiranya ada 25 orang di dunia berdasarkan penelitian di bulan November tahun 2013.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "KELAINAN INGATAN SUPER "HYPERTHYMESIA""

  1. Kirain enak punya kelebihan itu.. eh ternyata bikin puyeng

    ReplyDelete
  2. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete