PERISTIWA MATAHARI DI TENGAH MALAM


FUN FACT- Apa yang terlintas dipikiran kamu jika membayangkan tengah malam? Gelap, aktivitas mulai berkurang ? namun berbeda dengan daerah di utara Norwegia ini. Tidak seperti di Indonesia yang jelas perbedaannya antara siang dan malam, matahari disana bahkan terus bersinar sampai pukul 12 malam.

Daerah yang berbatasan dengan Rusia, Finlandia dan Swedia sebagian besar pantai Norwegia berada di tepat di samping Samudera Arktik, menawarkan pengalaman yang luar biasa, suhu dingin namun mengensankan dan pemandangan yang indah.

Salah satunya adalah "midnight sun" atau matahari yang tetap bersinar di malam hari. Midnight sun adalah peristiwa yang terjadi dimana matahari akan terlihat berada pada horizonnya selama 24 jam penuh dalam satu hari.

Fenomena ini terjadi karena kemiringan aksial bumi 23.5 derajat. Fenomena ini terjadi pada saat musim panas di belahan bumi bagi utara. Daerah yang semakin dekat dengan titik kutub utara maka midnight sun akan berlangsung lebih lama.

Lama fenomena ini bekisar 6 bulan-an dan fenomena ini terus terulang setiap tahunya. Bagi kita warga Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa tidak akan pernah bisa merasakan fenomena ini. Namun bagi penduduk sana yang setiap tahun mengalaminya mungkin bukan sesuatu yang menakjubkan lagi.

Mereka memanfaatkan fenomena ini sebagai objek wisata yang cukup menjanjikan setiap tahunnya. Kota-kota seperti Tromso, Alta, Vardo, Bodo, dan Svalbard kerap dijadikan objek wisata yang potensional.

Untuk menikmati sensasi midnight sun yang lebih berkesan kamu bisa menginap di kabin nelayan yang biasa juga disebut orbu. Rorbu yang merupakan tempat tinggal para nelayan kini diminati turis sebagai objek wisata karena bentuknya yang unik dan bernuansa sangat indah.

rorbu

Namun dibalik fenomena midnight sun ini terdapat juga dampak buruk bagi yang belum terbiasa. Orang-orang yang belum terbiasa akan lebih temprament terutama bagi mereka yang dituntut kerja dibawah tekanan. Karena otak mereka akan merespons malam hari untuk istirahat dan siang hari untuk aktivitas.

Meskipun matahari disana bersinar terus-menerus selama 24 jam penuh seharian. Suhu disana juga berbeda dengan Indonesia yang berikilim tropis. Sensai dingin belahan bumi bagian utara masih kita rasakan disana.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "PERISTIWA MATAHARI DI TENGAH MALAM"